Transfers Vespa

Bahan bakar masuk kedalam crankcase dengan dua langkah transfer. ini memungkinkan campuran bensin dan udara dapat keluar menuju lubang lubang kecil di sisi laras, atau biasa disebut barrel transfers.
Perjalanan transfer ini sampai keluar laras dan lubang pada dinding blok, yang biasa disebut port.


Kebanyakan Vespa tahun 60-an hanya memiliki dua lubang transfer di kanan dan kiri ( seperti gambar diatas). Dua lubang kecil sebelum transfer memungkinkan bahan bakar untuk melumasi bantalan utama.
Semakin banyak transfer crankcase, maka kebutuhan bahan bakar akan lebih banyak untuk ruang bakar dan kemampuan motor akan lebih baik. Vespa menyadari hal ini, maka vespa membuat 3 lubang transfer pada tahun 70-an keatas.
Tuning dua transfer pada vespa sangat terbatas sekali karena tidak ada banyak gasket tersedia untuk memperbesar transfer, anda harus membuat sendiri dengan memperhatikan ketebalannya dan harus match dengan blok. bila tidak maka kompresi primernya akan buruk sekali.



Gambar panah merah diatas adalah penambahan cor dalam upaya menambahkan besar gasket agar dapat memperbesar port yang dapat match dengan blok.
Hal ini juga memungkinkan untuk menambahkan port ketiga di mana sebelumnya tidak ada ruang.
Lihat gambar dibawah adalah hasil dari penambahan cor, sehingga kita dapat membuat 3 lubang transfer. 




Semoga bermanfaat.

1 comment: